Posted by : W Gunawan N Minggu, 03 Maret 2013



1.Pengertian motivasi
Motivasi adalah daya penggerak di dalam diri seseorang untuk berbuat sendiri.

2.Filosofi Motivasi
a. Pada hakekatnya motivasi di yakini sebagai hasil penguatan (reinforcement)
contoh : perolehan nilai bagus atau pujian guru akan menambah motivasi belajar

b. Dorongan seseorang untuk menunjukan bahwa dirinya positif (seorang yang baik) adalah motivasi untuk mendapatkan standar kepuasan diri (cognitive dissonance)

c. Teori atribusi menemukan dua fenomena motivasi
    1. Siswa yang meyakini bahwa sukses tau gagal itu di sebabkan oleh faktor kemampuan dan usaha dalam diri (internal)
    2. Siswa yang percaya bahwa berhasil atau gagal itu di sebabkan oleh faktor luar diri (external). Keyakinan inilah yang perlu di luruskan.

d. Teori Ekspektasi
Motivasi seseorang tergantung pada besarnya kemungkinan berhasil dan bagaimana makna suatu keberhasilan itu bagi dirinya, contoh nya :
a.       Saya yakin dapat memperoleh nilai tinggi kalau saaya mau mencoba, dan bagi saya nilai itu adalah sesuatu yang sangat peting.
b.      Ada keyakinan bahwa saya  Motivasibisa tergolong sebagai orang-orang yang berprestasi itu penting.

e. Teori Humanistik
Dorongan jiwa bergerak karena angin memenuhi kebutuhan kebutuhan nya. Kebutuhan yang menggerakan orang bertingkah laku adalah :
a.       Kebutuhan fisik ( makan, pakaian, tempat  tinggal, air dan udara ) kebutuhan ini paling dasar sifatnya.
b.      Kebutuhan rasaa aman, bebas suasana ancaman dan bahaya (safety )
c.       Kebutuhan untuk diterima dan di kasih sayangi  atau di cintai ( belonging)
d.      Kebutuhan untuk memperoleh pengakuan & persetujuan ( self existence )
e.      Kebutuhan ingin tahu, mengerti, dan menyelidiki ( intellectual achievement)
f.        Kebutuhan mendapatkan keindahan dan kondisi teratur ( aesthetica apprecazation )
g.       Kebutuhan aktualisasi diri menjadi apapun yang di inginkan ( self actuallization )

f. Maslow dalam teori kebutuhan nya menggmbarkan motivasi dalam bentuk piramid sebagai berikut :


 



kebutuhan
aktualisasi 
(actuallyzation needs)
Kebutuhan harga diri
(self esteem needs)
Kebutuhan sosial (social need)
Bergaul, berteman, berkelompok
Kebutuhan rasa aman (savety needs)
Rasaa aman,tentram, kasih sayang dan cinta
Kebutuhan dasar (biological needs)
Makan,minum,rumahuang,materi dan lain-lain.

Implikasinya dalam belajar :
Optimalisasi beljar perlu mengungkapkan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan manusiawi, seperti suasana yang sehat, fisik yang segar ,penuh kasih sayang, bebas ancaman / bahaya, ada pengakuan dan penghargaan atas prestasi siswa, membangkitkan rasa ingin tahu, mendorong siswa untuk beraktualisasi diri.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Popular Post



Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

KARAWANG, JAWA BARAT
hey saya wawan gunawan nugraha biasa di panggil ama temen sih''achiel'',''wawan'',''gunawan'' tapi terserah blogger aja deh mau manggil saya apa :D yg penting semua happy :p, saya lahir di karawang, 10 mei 1997, dan skarang saya bersekolah di SMKN 1 KARAWANG sebagai siswa TKJ,. Selain itu saya juga gemar bermain musik,. semua alat musik saya pelajari,. tapi saya lebih mendalami vokal di banding yg lainnya :D, dan sekarang saya menjadi vokalist di band Second story .. band yg menurut gue wow dah :D...

Blogroll

- Copyright © GUNAWAN SECTO -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -