- Back to Home »
- MOTIVASI BERPRESTASI
Posted by : W Gunawan N
Minggu, 03 Maret 2013
1.Pengertian motivasi
Motivasi adalah daya penggerak di dalam diri seseorang untuk
berbuat sendiri.
2.Filosofi Motivasi
a. Pada hakekatnya motivasi di yakini sebagai hasil
penguatan (reinforcement)
contoh : perolehan nilai bagus atau pujian guru akan
menambah motivasi belajar
b. Dorongan seseorang untuk menunjukan bahwa dirinya positif
(seorang yang baik) adalah motivasi untuk mendapatkan standar kepuasan diri
(cognitive dissonance)
c. Teori atribusi menemukan dua fenomena motivasi
1. Siswa yang
meyakini bahwa sukses tau gagal itu di sebabkan oleh faktor kemampuan dan usaha
dalam diri (internal)
2. Siswa yang
percaya bahwa berhasil atau gagal itu di sebabkan oleh faktor luar diri
(external). Keyakinan inilah yang perlu di luruskan.
d. Teori Ekspektasi
Motivasi seseorang tergantung pada besarnya kemungkinan
berhasil dan bagaimana makna suatu keberhasilan itu bagi dirinya, contoh nya :
a.
Saya yakin dapat memperoleh nilai tinggi kalau
saaya mau mencoba, dan bagi saya nilai itu adalah sesuatu yang sangat peting.
b.
Ada keyakinan bahwa saya Motivasibisa tergolong sebagai orang-orang
yang berprestasi itu penting.
e. Teori Humanistik
Dorongan jiwa bergerak karena angin memenuhi kebutuhan
kebutuhan nya. Kebutuhan yang menggerakan orang bertingkah laku adalah :
a.
Kebutuhan fisik ( makan, pakaian, tempat tinggal, air dan udara ) kebutuhan ini paling
dasar sifatnya.
b.
Kebutuhan rasaa aman, bebas suasana ancaman dan
bahaya (safety )
c.
Kebutuhan untuk diterima dan di kasih
sayangi atau di cintai ( belonging)
d.
Kebutuhan untuk memperoleh pengakuan &
persetujuan ( self existence )
e.
Kebutuhan ingin tahu, mengerti, dan menyelidiki
( intellectual achievement)
f.
Kebutuhan mendapatkan keindahan dan kondisi
teratur ( aesthetica apprecazation )
g.
Kebutuhan aktualisasi diri menjadi apapun yang
di inginkan ( self actuallization )
f. Maslow dalam teori kebutuhan nya menggmbarkan motivasi
dalam bentuk piramid sebagai berikut :
kebutuhan
aktualisasi
(actuallyzation needs)
Kebutuhan harga diri
(self esteem needs)
Kebutuhan sosial
(social need)
Bergaul, berteman, berkelompok
Kebutuhan rasa aman
(savety needs)
Rasaa aman,tentram,
kasih sayang dan cinta
Kebutuhan dasar
(biological needs)
Makan,minum,rumahuang,materi
dan lain-lain.
Implikasinya dalam belajar :
Optimalisasi beljar perlu mengungkapkan pemenuhan
kebutuhan-kebutuhan manusiawi, seperti suasana yang sehat, fisik yang segar
,penuh kasih sayang, bebas ancaman / bahaya, ada pengakuan dan penghargaan atas
prestasi siswa, membangkitkan rasa ingin tahu, mendorong siswa untuk
beraktualisasi diri.