Posted by : W Gunawan N Selasa, 02 April 2013



     Musik indonesia berkembang melalui tahapan-tahapan yang kurang jelas. Sebab, historis musik indonesia tidak berkembang dari posisi dan praktek untuk memenuhi kebutuhan hiburan musik ringan.
Musik barat,di bangun dari praktek perkembangan teknik komposisi dan praktek musik di susun dalam zaman dan gaya musik. Ini tidak terjadi di indonesia sebab jenis komposisi musik yang di hasilkan masih berkisar pada musik vokal seriosa dan musik vokal populer yang terang-terangan berbentuk nyanyian.
     Benturan budaya yang pertama adalah dengan hinduisme dan budaisme hingga melahirkan gamelan sebagai produk histana di jawa, benturan berikutnya muncul sekitar abad ke-15 di nusantara bagian barat sehubungan dengan penyebaran agama islam pedagang arab yang datang memperkenalkan alat musik gambus dan rebana sehingga lahirlah orkes gambus di nusantara bagian timur,benturan budaya terjadi dengan datang nya para pelaut portugis dan spanyol. Pada masa itulah masuk sistem  solmisasi untuk nyanyian diatonik dalam tradisi rakyat serta masuk nya alat musik gitar , ukulele, biola, cello, dan flute di kemudian hari alat-alat ini mendasari lahirnya musik keroncong.
      Pada masa penjajahan jepang lahirlah musik nasional, yakni keroncong , sebelumnya keroncong hanya di mainkan orang-orang berdarah campuran eropa asia tapi banyak dari amerika yang di tangkap oleh jepang sehingga ke kosongan pemain dan penyanyi di isi oleh penyanyi indonesia, keroncong juga di pakai oleh jepang sebagai satu-satunya musik non barat untuk kepentingan propaganda mereka, namun setelah jepang kalah keroncong bertemakan protes dan menggunakan bahasa indonesia. Semenjak itulah keroncong benar-benar menjadi musik indonesia.
     Dengan pesatnya perkembangan media masa elektronik setelah perang dunia ke II musik pop barat, terutama dari amerika serikat menyebar keseluruh dunia . Di indonesia juga tumbuh musik barat yang di kembangkan dengan brass instrumen ( alat tiup logam ) seperti trompet, seksophone dan trombon untuk night club jazz dan blues mulai berkembang sehingga peranan bioskop sekitar 1960 mempopulerkan musik dan lagu hindustan dan pada saat itu irama lagu india mudah di terima oleh masyarakat indonesia terutama perpaduannya dengan musik melayu yang kemudian melahirkan musik dangdut.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Popular Post



Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

KARAWANG, JAWA BARAT
hey saya wawan gunawan nugraha biasa di panggil ama temen sih''achiel'',''wawan'',''gunawan'' tapi terserah blogger aja deh mau manggil saya apa :D yg penting semua happy :p, saya lahir di karawang, 10 mei 1997, dan skarang saya bersekolah di SMKN 1 KARAWANG sebagai siswa TKJ,. Selain itu saya juga gemar bermain musik,. semua alat musik saya pelajari,. tapi saya lebih mendalami vokal di banding yg lainnya :D, dan sekarang saya menjadi vokalist di band Second story .. band yg menurut gue wow dah :D...

Blogroll

- Copyright © GUNAWAN SECTO -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -